7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Konsep 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Pada dasarnya konsep 7 puncak tertinggi di Indonesia tidak semata mata diurutkan berdasarkan urutan ketinggian dari seluruh gunung yang ada di Indonesia. Melainkan mirip dengan konsep 7 puncak tertinggi di Dunia yang merupakan 7 puncak tertinggi di 7 benua. Jika hanya diurutkan berdasarkan ketinggian maka "The Seven Summits of Indonesia" kebanyakan akan berapa di Papua. Jelas saja, beberapa puncak di pegunungan Papua memiliki ketinggian diatas 4.000 mdpl.

Yang membedakan adalah 7 puncak tersebut diambil dari 7 Pulau dan Kepulauan utama di Indonesia. Meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, Kepulauan Bali & Nusa Tenggara, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua. Jika kita melihat artikel tentang daftar gunung tertinggi di Indonesia berdasarkan ketinggian yang telah di publish sebelumnya, sudah terlihat gunung apa saja yang menjadi puncak tertinggi di masing masing Pulau dan Kepulauan di Indonesia.

Daftar 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Indrapura (3.805 mdpl) Gunung Kerinci, Pulau Sumatra

Puncak Indrapura merupakan puncak tertinggi di Pulau Sumatra dan tertinggi di Indonesia diluar Papua. Selain itu, gunung Kerinci juga merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia. Berada dikawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Gunung ini dapat ditempuh melalui darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Dapat juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Dengan pesawat terbang dapat mendarat di Padang atau Jambi.

2. Puncak Mahameru (3.676 mdpl) Gunung Semeru, Pulau Jawa

Puncak Mahameru merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl. Tercatat sebagai gunung api aktif tertinggi di pulau jawa. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT. Jalur pendakian gunung semeru bisa ditempuh melalui Ranupane dan dari situ akan ada dua rute melalui jalur watu rejeng, dan jalur gunung ayek ayek. Silahkan baca jalur pendakian Gunung Semeru via Waturejeng. Baca juga jalur pendakian gunung Semeru via Gunung Ayek Ayek

3. Puncak Bukit Raya (2.278 mdpl), Pulau Kalimantan

Gunung bukit Raya terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Sebenarnya gunung tertinggi di Kalimantan adalah Gunung Kinabalu (4.095 mdpl), namun gunung tersebut berada di wilayah negara Malaysia. Sehingga tidak termasuk dalam 7 puncak tertinggi di Indonesia. Rute pendakian bisa dimulai dari Nanga Popai, Kalimantan Barat. (saat ini kami belum memiliki gambar dari gunung Binaiya)

4. Puncak Rinjani (3.726 mdpl) Kepulauan Bali & Nusa Tenggara

Puncak Rinjani merupakan salah satu puncak yang terkenal hingga mancanegara. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung ini semakin menarik pendaki karena lokasinya berada di salah satu pulau terindah di Indonesia, yaitu Lombok. Untuk mendaki Gunung Rinjani ada 3 jalur resmi, yaitu Jalur Senaru, Sembalun, dan Torean.

5. Puncak Rantemario Gunung Latimojong (3.478 mdpl) Pulau Sulawesi

Puncak Rantemario berada di Gunung Latimojong yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung Latimojong berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan. Sebagian besar pengunungan ini terletak di daerah Kabupaten Enrekang.



6. Puncak Binaiya (3.027 mdpl) Kepulauan Maluku

Gunung Binaiya merupakan gunung tidak berapi yang terletak di pulau Seram dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Tepatnya pada koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT. Rute pendakian bisa dimulai dari desa Kanike.

7. Puncak Carstensz Pyramid (4.884 mdpl), Papua

Carstenzs Pyramid memiliki ketinggian 4.884 m dpl. Puncak Carstenzs yang biasa disebut juga Puncak Jaya yang merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan termasuk salah satu Seven Summit di tujuh benua di dunia versi Reinhold Messne. Rute pendakian termudah bisa melalui Ilaga (jalur utara) atau Singa dan Tembagapura (jalur selatan).

Dari 7 Puncak tertinggi di Indonesia tersebut sudah berapa yang kawan kunjungi? Mungkin ada beberapa yang sudah berhasil mendaki ke 7 gunung tersebut, namun sebagai pendaki yang budiman kita tak perlu berkecil hati bila belum bisa mencapainya. Karena setiap pendaki pasti punya target masing masing. Sebagai contoh adalah bapak Willem Tasiam yang berhasil mendaki secara marathon dan berhasil mendaki 24 gunung di Lombok, Bali, Jawa selama 24 hari. Di Indonesia juga terdapat banyak sekali gunung yang sepertinya tidak akan habis untuk kita daki selama kita hidup. 

4 komentar:

  1. gunung lamongan di lumajang sama gunung baluran..hehe

    BalasHapus
  2. dari ke 7 daftar di atas cuma 1 yg pernah... gunung latimojong...

    BalasHapus
  3. terima kasih atas infonya..

    BalasHapus

Anda bebas untuk berkomentar. Komentar anda sangat berharga bagi kami. Jangan lupa follow kami @ePendaki
juga facebook kami Pendaki Indonesia

Terimakasih