Jalur Pendakian Gunung Sindoro Rute Kledung

Gunung Sindoro (travelplusindonesia.blogspot.com)
Jalur Pendakian - Gunung Sindoro lebih ramai didaki melalui rute desa Kledung karena berada pada jalur utama Magelang-Wonosobo. Jika kita menggunakan Bis baik dari arah Magelang maupun Wonosobo, kondektur biasanya sudah hafal dan kita tinggal bilang akan turun di basecamp Kledung. Disini kita bisa istirahat dulu untuk mempersiapkan perbekalan dan air. Seperti Gunung lain di Jawa, pada tanggal 1 suro gunung ini akan sangat ramai karena banyak masyarakat sekitar yang melakukan upacara adat.

Kledung - Watu Gede - Pos 1
Dari Kledung menuju Pos 1 pendaki akan melewati ladang penduduk yang cukup panjang. Disini akan terlihat dengan jelas bagaimana eksploitasi besar besaran telah menimpa gunung ini. Tenaga akan sangat terkuras disini jika kita mendaki pada siang hari yang cerah. Setelah itu pendaki akan menjumpai Watu Gede yang dianggap sebagai pintu gerbang Gunung Sindoro. Sekitar 0,5 jam perjalanan lagi kita akan sampai di Situk, disini ada pos, pendaki dapat beristirahat disini.

Situk - Pestan - Batu Tatah
Dari Situk diteruskan lagi, kita akan menemui jalan bercabang, lurus dan ke arah kanan. Sebaiknya kita ambil yang lurus karena jalan ini lebih cepat tetapi lebih menanjak, sedangkan jalan yang kanan lebih landai dan melewati lereng bukit, kedua jalan ini akan bertemu di Pestan dan dapat ditempuh dalam 2 jam dari Situk. Berjalan sekitar 2-3 jam lagi kita sampai di Batu Tatah, daerahnya agak berbatu.

Batu Tatah - Puncak
Untuk menuju puncak diperlukan waktu 2 jam lagi, mendekati puncak kita mengambil jalan memutar dari arah kiri menuju ke arah kanan menuju puncak. Dari desa Kledung ke puncak Sundoro ini membutuhkan waktu sekitar 7 jam dan turunnya dibutuhkan waktu 4 jam.

referensi : http://mountinblack.blogspot.com/2009/06/jalur-pendakian-gunung-sindoro.html