Gunung Sumbing Jalur Bowongso

Jalur Pendakian Gunung Sumbing rute Bowongso. 
Jalur Bowongso merupakan jalur yang baru dibuka mulai tahun 2007 oleh penggiat alam bebas Skydoors, masyarakat sekitar, dan beberapa pihak terkait. Jalur Bowongso memang lebih ringan dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Sumbing lainnya. Melalui jalur Bowongso jarak tempuh menuju puncak Gunung Sumbing hanya sekitar 7 sampai 8 jam. Jalur Bowongso juga menyajikan pemandangan yang menarik dan indah untuk dinikmati.

Gunung Sumbing Jalur Bowongso (detikTravel)
Desa Bowongso dapat dicapai dari pasar Kertek yang terletak di antara jalan raya Wonosobo-Temanggung dengan menggunakan angkutan umum atau ojek. Dengan arah ke selatan kurang lebih 1 km dari Pasar Kertek, terdapat pertigaan menuju arah kiri atau ke arah Timur sejauh kurang lebih 6 km menuju Desa Bowongso. Sesampainya di Desa Bowongso kita bisa langsung menuju ke rumah kepala desa yang sering digunakan sebagai basecamp oleh para pendaki.

Diawali dengan mengisi data diri terlebih dahulu di buku absen yang disediakan oleh kepala desa. Selama melakukan pengisian data kita bisa sambil mempersiapkan bekal yang akan dibawa. Saat perjalanan, kita akan melewati beberapa pos, yaitu pos 1 atau pos taman asma, pos 2 atau biasa disebut pos bogel, dan pos 3.

Pos 1 atau pos taman asma memiliki area dengan pepohonan yang cukup rapat dan rindag. Di lokasi ini tempat untuk mendirikan tenda cukup luas. Sedangkan pos 2 merupakan batas anatara hutan dan sabana. Pos ini dinamakan Bogel karena lokasi ini ditandai dengan adanya pohon yang pendek. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke pos 3 yang melewati padang terbuka dan ada jalur yang dinamakan jalur Zorro karena bentuknya seperti huruf "z". Di pos 3 kita akan menemukan sebuah tempat yang cukup lapang dan terbuka. Setidaknya, tempat ini bisa menampung 5 sampai 7 tenda. Setelah dari pos 3 kita melanjutkan perjalanan dan melewati tikungan Itok. Dinamakan tikungan Itok karena di tempat tersebut sering digunakan bermalam oleh pak Itok yang merupakan salah satu perintis jalur Bowongso.
 
Setelah menempuh perjalanan dan melewati 3 pos, akhirnya pemandangan yang lapang ke segala arah menyambut kedatangan kami saat tiba di Puncak Bowongso. Dari sini Gunung Sindoro tampak dengan jelas dan di belakangnya terdapat deretan pegunungan yang berada di Wonosobo. Sementara di sebelah  Timur tampak kawah Gunung Sumbing yang cukup luas dengan latar belakang  Gunung Merbabu, Merapi, dan Ungaran.

Beda dengan Puncak Sindoro yang sangat luas, puncak Sumbing ini sempit, cuma satu jalur yang dibatasi batu-batu besar dan dibaliknya langsung mengarah ke jurang kawah. Puncak Bowongso ini berada di pertengahan antara Puncak Garung dan Puncak Sejati. Puncak Garung bisa dicapai dari jalur Garung sementara Puncak Sejati sepertinya sulit didaki dan membutuhkan peralatan khusus. (detikTravel)

0 komentar:

Posting Komentar

Anda bebas untuk berkomentar. Komentar anda sangat berharga bagi kami. Jangan lupa follow kami @ePendaki
juga facebook kami Pendaki Indonesia

Terimakasih