Jalur Pendakian Gunung Lawu

jalur pendakian gunung lawu, cemoro kandang, cemoro sewu, sendang drajat, misteri dan foto gunung lawu.

Sendang Drajat, Gunung Lawu


 Gunung Lawu (3.265 mdpl) terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung Lawu adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lereng Gunung Lawu terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Gunung Lawu juga mempunyai kawah yang namanya sangat terkenal yakni Kawah Condrodimuko, yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat menggodok tokoh pewayangan yaitu Raden Gatutkaca, salah satu dari Pandawa Lima. Di gunung ini juga banyak tempat-tempat keramat antara lain Sendang Drajat, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu "Punden Berundak", Lumbung Selayur, Telaga Kuning dan masih banyak lagi. Gunung ini juga ditumbuhi bunga Edelweis berwarna merah muda, kuning dan putih.
Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

Di lereng Gunung Lawu terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit: Candi Sukuh dan Candi Cetho. Di kaki gunung Lawu juga terletak komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran: Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. Di dekat komplek ini terletak Astana Giribangun, mausoleum untuk keluarga presiden kedua Indonesia, Suharto.
  • Gunung Lawu Jalur Cemoro Sewu

Gunung Lawu banyak didaki setiap malam 1 Sura. Banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak. Karena populernya, di puncak gunung bahkan dapat dijumpai pedagang makanan (salah satu yang sangat terkenal yaitu Mbok Yem).

Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Jalur Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Jalur Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

Pendakian melalui jalur cemorosewu akan melewati 5 pos. Jalur melalui Cemorosewu lebih nge-track. Akan tetapi jika kita lewat jalur ini kita akan sampai puncak lebih cepat daripada lewat jalur Cemorokandang. Pendakian melalui Cemorosewu jalannya cukup tertata dengan baik. Jalannya terbuat dari batu-batuan yang sudah ditata.

Di dekat pintu masuk Cemorosewu terdapat suatu bangunan seperti masjid yang ternyata adalah makam.Untuk mendaki melalui Cemorosewu (bagi pemula) janganlah mendaki di siang hari karena medannya berat untuk pemula, lebih baik mendaki malam hari dengan catatan sudah ada yang tahu jalur.
  • Gunung Lawu Jalur Cemoro Kandang


Jalur pendakian gunung Lawu yang dimulai dari Desa Cemoro Kandang ini, panjangnya sekitar 12 km. Diseberang gerbang pendakian terdapat warung-warung, juga bisa untuk menambah logistik, air juga harus dipersiapkan disini untuk perjalanan naik.
basecamp cemoro kandang gunung lawu, jawa tengah
Perjalanan dimulai dengan melewati hutan akasia dan pinus dengan kondisi jalan berbatu kurang lebih 1,5 jam. Setelah itu kita akan menjumpai Pos I, Taman Sari bawah. Kemudian kita melewati jalan tanah dari hutan cemara dan pinus selama sekitar 30 menit untuk menuju Pos II, Taman Sari Atas. Dibutuhkan waktu selama 2,5 jam lagi untuk sampai ke pos III, Penggik (2.760 m dpl).
Jalur Cemoro Kandang yang berkelok kelok
Dari pos penggik ini kita menuju ke Pos IV Cokrosuryo dengan melewati hutan, kemudian menyisir bukit, disebelah kiri kita adalah jurang, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam. Jika tidak ingin menginap di Cokrosuryo kita bisa berjalan terus ke Argo Dalem dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Dalam perjalanan ke Argo Dalem kita akan menemui sebuah pos yang rusak di pertigaan yang kekanan ke Argo Dumilah dan yang lurus menuju Argo Dalem.
  • Misteri gunung Lawu

Gunung Lawu sudah terkenal dengan berbagai misteri yang ada. Gunung Lawu menyimpan misteri pada masing-masing dari tiga puncak utamanya dan menjadi tempat yang dimitoskan sebagai tempat sakral di Tanah Jawa. Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pamoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas, Harga Dumiling diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon, dan Harga Dumilah merupakan tempat yang penuh misteri yang sering dipergunakan sebagai ajang menjadi kemampuan olah batin dan meditasi.

Konon gunung Lawu merupakan pusat kegiatan spiritual di Tanah Jawa dan berhubungan erat dengan tradisi dan budaya Praja Mangkunegaran.

Setiap orang yang hendak pergi ke puncaknya harus memahami berbagai larangan tidak tertulis untuk tidak melakukan sesuatu, baik bersifat perbuatan maupun perkataan. Bila pantangan itu dilanggar di pelaku diyakini bakal bernasib naas.

Tempat-tempat lain yang diyakini misterius oleh penduduk setempat yakni: Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan/Cakrasurya, dan Pringgodani.

Salah satu pantangan yang ada di Gunung Lawu yaitu, jangan memakai pakaian warna hijau daun.

6 komentar:

  1. infonya menarik sekali, saya walaupun orang lereng gunung lawu belum pernah mendaki

    BalasHapus
  2. rute pendakiannya kurang komplit Gan, soalnya kita penasaran melihat situasi disana walaupun belum pernah mendaki

    BalasHapus
  3. bagaimana dengan jalur CANDI CETHO ? ada data ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Jalur Candi Cetho kita mendaki lebih lama, waktu itu aku butuh 12 jam utk sampai ke puncak hargo dalem. tapi jalurnya landai diselingi tanjakan yg lumayan nguras tenaga. nanti setelah melewati cemoro kembar kita disuguhkan pemandangan sabana yg luas dan luar biasa indahnya setelah itu kita melalui jalur pasar dieng atau pasar setan yg lumayan mistis.

      Hapus
  4. websitenya menarik dan informastif. #Top. Salam kenal ya.

    BalasHapus
  5. permisi gan numpang lewat, mau promosi'in sepatu bagi pendaki di www.lindashoe.com
    thank's artikelnya

    BalasHapus

Anda bebas untuk berkomentar. Komentar anda sangat berharga bagi kami. Jangan lupa follow kami @ePendaki
juga facebook kami Pendaki Indonesia

Terimakasih